anak-baca-buku

Mengenal Gerakan Literasi Sekolah

anak-baca-buku

Dunia literasi sangat penting untuk dihadirkan dalam kehidupan seorang anak karena keterampilan literasi akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar dan kehidupan mereka kelak. Namun, seiring dengan era kecanggihan teknologi informasi, anak-anak masa kini justru lebih asyik dengan gawai dan televisi, dibandingkan harus berteman dengan buku-buku.

Menyikapi budaya baca-tulis bangsa kita yang sangat rendah, pemerintah melalui Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 telah membuat kebijakan terkait pentingnya menumbuhkan karakter peserta didik melalui kebiasaan membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Karena yang ingin dibangun adalah kebiasaan, tentu dibutuhkan sebuah pembiasaan yang terus menerus harus dilakukan. Penanaman nilai-nilai gerakan literasi sekolah harus ditanamkan sejak usia dini, dan dibutuhkan konsistensi semua pihak untuk menyukseskannya.

Di sekolah, yang memiliki peran penting dalam merangsang siswa untuk belajar adalah guru. Guru harus mampu menggunakan pendekatan yang komprehensif serta progresif agar mampu merangsang rasa ingin tahu dan daya pikir kritis para siswanya. Guru juga harus mampu memilih dan memanfaatkan bahan ajar yang ada sebaik mungkin, utamanya berkenaan dengan buku. Bagaimanapun guru harus mampu mendorong siswa untuk membaca buku-buku yang berkualitas. Karena membaca sejalan dengan proses berpikir kritis yang memungkinkan siswa untuk kreatif dan berdaya cipta.

Seri paket Literasi A dan B terbitan terbaru dari Erlangga for Kids sangat dianjurkan untuk menjadi salah satu koleksi penunjang suksesnya gerakan literasi sekolah Anda. Paket ini berisi kumpulan buku-buku berkualitas yang sesuai dengan usia anak TK-SD, dan diharapkan mampu menjadi teman baik anak dalam menumbuhkan kebiasaan membaca dan menulis.

Dapatkan segera Seri paket Literasi A dan B dari Erlangga for Kids di toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *