Ajari Anak Cinta Baca

Ajari Anak Cinta Baca

Era Internet telah mengambil perhatian buku dari anak. Banyak anak menghabiskan waktunya di depan komputer atau bermain video game ketimbang membaca buku. Internet dan video game memang bukan sesuatu yang selalu buruk, namun jika anak tidak diawasi dalam menggunakan teknologi tersebut mereka akan mengalami addictive atau ketagihan.

Ini bukan masalah melarang internet atau memaksakan anak membaca buku. Namun sebaliknya , anak harus merasa nyaman dengan keduanya sekaligus seimbang.

Berikut Tips membaca untuk anak :

  1. Pilihlah waktu yang tepat dan tempat yang nyaman bagi anak anda. Hindari tempat-tempat yang rentan dengan gangguan yang membuat kosentrasi anak terganggu, seperti televisi dan komputer. Cobalah menggunakan pekarangan, teras rumah atau ruang baca anda menjadi tempat yang nyaman untuk membaca.
  2. Duduklah dengan anak anda dan bacalah buku secara bersama-sama atau bergantian sesuai keinginan. Amati secara seksama isi serta gambar buku tersebut, beri ruang anak untuk memberikan pendapat tentang cerita, gambar,
  3. karakter pada buku. Pendapat anak akan mengajarkan kepercayaan diri anak untuk berani berekspresi dan menyampaikan pendapatnya.
  4. Dalam bercerita, gunakanlah intonasi dan gerak tubuh yang sesuai dengan karakter buku cerita tersebut. Anak akan lebih tertarik, suasana akan lebih hidup dan menyenangkan. Jika anak bertanya mengenai segala hal tentang buku tersebut, jawablah dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.
  5. Beri kesimpulan pada akhir cerita dengan pesan moral yang dapat dipraktekan oleh anak sehari-hari. Beri contoh pesan moral dengan perilaku-perilaku yang baik agar anak mudah mengerti.

Lakukan kegiatan tersebut secara rutin, pilih buku yang menarik baik dari cerita, kemasan serta pesan moral yang baik untuk anak. Jadilah role model bagi anak anda. Anak akan suka membaca jika anda juga cinta baca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *